.


CARA MENGHEMAT BATERAI DI ANDROID

Cara Menghemat Baterai Di Ponsel Android

ponsel android
Berselancar di dunia maya memang begitu asyik hingga kita lupa waktu. Bahkan sekali masuk, kita bias menghabiskan waktu hingga berjam-jam. Waktu yang selama itu tentu dibutuhkan energy yang besar dari ponsel untuk terus online di dunia maya. Sayangnya, bagi pengguna ponsel android, daya tahan baterainya tidaklah lama. Sangat tidak nyaman bila kita sedang asyik-asyiknya online tiba-tiba baterai ponsel kita ngedrop. Apalagi jika kita tidak membawa charger, tentu keasyikan kita akan terhenti.
Untuk itu perlu disiasati agar daya tahan baterai ponsel android bias tahan lama. Kalau mau menghemat baterai di ponsel Android ada beberapa yang bias dilakukan misalnya dengan:
1. Fitur Battery Usage Screen
Ponsel Android punya fitur yang bisa melihat apa saja yang menguras baterai di ponsel. Nah caranya tinggal masuk ke Setting – About Phone- Battery Use.
2. Atur intensitas cahaya layar secukupnya
Layar ponsel yang sering menyala dan intensitas cahayanya tinggi pasti bisa menguras baterai. Jadi atur saja lampu layar menjadi yang paling rendah. Caranya dengan masuk ke Setting – Display – Brightness.
Nah kalau masih kurang bisa juga waktu timeout diisi sekecil mungkin jadi layar bisa langsung mati kalau tidak digunakan. fitur auto juga boleh diaktifkan kalau sering berpindah-pindah dari tempat yang cahayanya berbeda (terang-gelap).
3. matikan WiFi jika tidak dipakai
Kalau tidak dipakai, Wi-Fi nya jangan dinyalain terus karena dapat menguras baterai. Jadi dinyalakan kalau diperlukan saja, soalnya ponsel akan terus mencari jaringan hotspot tersedia di sekitar kita kalau dinyalakan.
Satu lagi soal WiFi, kalau kita sedang menggunakan WiFi dan layanan internet unlimited sekaligus, atur aja agar WiFi always On. Dengan begini kalau layar mati, WiFi tidak akan mati. WiFi mengkonsumsi baterai lebih sedikit jika dibandingkan koneksi 2G/3G.
Caranya masuk ke Settings – Wireless & networks – Wifi Settings – Tekan tombol menu – Klik advanced – Atur Wifi sleep policy ke never.
4. matikan Bluetoothnya jika tidak diperlukan
Kalau memang tidak dipakai lebih baik Bluetoothnya dimatikan saja, caranya dengan masuk ke Settings – Wireless & networks – Bluetooth. Penggunaan aksesoris tambahan dengan Bluetooth juga bisa cepat menguras baterai.
5. Gunakan Power Widget (untuk mematikan GPS, Bluetooth, Wireless, dan Cahaya layar)
Android punya widget berguna yang namanya Power Widget, fungsinya untuk mematikan atau menghidupkan fitur-fitur tersebut. Caranya juga mudah cukup tahan lama di bagian kosong Homescreen – Widget – Power Control.
6. Jangan gunakan Live Wallpaper
fitur Live wallpaper sebaiknya dimatikan, karena akan membuat Launcher menjadi tidak stabil sehingga membuat baterai cepat habis.
7. Biasakan gunakan tombol Back untuk keluar aplikasi
Kalau ingin keluar aplikasi, biasakan menggunakan tombol Back (bukan tombol Home). Terkadang ada aplikasi yang kalau tombol home yang ditekan masih tetap aktif dan menjalankan suatu proses, sedangkan tombol Back bisa menghapus aplikasi tersebut sepenuhnya.

0 komentar:

Post a Comment