.


SPESIFIKASI SONY XPERIA S

Sony Xperia S

Harga    : Rp. 5.400.000
Sony Xperia S
Sony resmi mengakuisisi seluruh divisi ponsel cerdasnya dari tangan Ericsson, setelah sebelumnya mereka bekerja sama dalam wadah merek dagang Sony Ericsson. Sesuai tradisi keluarga Xperia, smartphone khas Sony Ericsson, Sony juga masih tetap bertahan menggunakan nama Xperia untuk ponsel cerdas berikutnya, sehingga lahirlah smartphone khas Sony yaitu Sony Xperia S. Ponsel ini merupakan smartphone dengan dual-core prosesor yang diharapkan mampu bersaing dengan produk vendor besar lainnya seperti Samsung Galaxy S Series dan HTC Sensation Series.

Desain Sony Xperia S

Sony Xperia S hadir dengan dimensi bodi 12,8 x 6,4 x  1,06 cm dengan bobot 144 gram. Seluruh pengoperasian ponsel terletak pada layar full touchscreen. Xperia S menggunakan casing dari material  plastik  dan layarnya yang sudah terlindungi oleh lapisan gorilla glass. Tombol powerlock, port audio 3.5 mm, port microHDMl, volume rocker, shutter dan port  microUSB terletak di sekeliling ponsel mulai dari sisi atas. 3 buah tombol kapasitif terletak di bawah layar yaitu back, home dan menu. Sony Xperia S memilih bahan plastik yang lebih umum dengan finishing doff agar tidak licin ketika digengam. Backcover milik Xperia S yang meski terlihat konvensional tapi hanya menyembunyikan slot micro SIM dibaliknya, sedang baterai tertanam dibalik frame aluminum.

Hardware dan Software

Dapur pacu Sony Xperia S adalah prosesor dual-core 1,5 GHz Qualcomm MSM 8260 Snapdragon chipset, dengan prosesor grafis Adreno 220 GPU. Menjanjikan kinerja pemrosesan dan tampilan yang sangat bagus dan memukau. Dengan disokong oleh RAM sebesar 1GB, menjadikan menjanjikan
performa multitasking yang lebih baik. Internal Storage sebesar 32GB yang dimiliki oleh Sony Xperia S diyakini untuk menyiasati ketiadaan slot microSD untuk menambah memori eksternal. Untuk daya tahan hidup perangkat, Xperia S ditenagai oleh baterai 1750 mA.
Sony Xperia S secara default dibekali sistem operasi Android GingerBread, dan vendor telah menjanjikan update ke versi Android teranyar lce Cream Sandwich (v4.x) yang hingga saat ini belum juga hadir.

Display dan Antarmuka

Sony Xperia S memiliki layar sentuh berteknologi LED Backlit kapasitif dengan gradasi warna sedalam 16 juta warna. Layarnya sudah HD (720 x 1280 piksel) berukuran 4.3 inchi (~342 ppi pixel density). Meski memiliki layar yang luas, namun resolusi layar Xperia S yang tinggi secara otomatis membuat ponsel ini memiliki tingkat kerapatan piksel yang lebih tinggi. Hal ini akan sangat berguna ketika Anda memperbesar gambar atau tulisan yang ditampilkan pada layar untuk memperhatikan detailnya. Secara umum layar ponsel menampilkan ketajaman, brightness, kontras serta produksi warna yang baik dan berhasil menunjukkan kelasnya sebagai smartphone high-end. Di bawah terik matahari, tulisan yang ditampilkan layar Xperia S tetap dapat dibaca dengan mudah. Ada satu hal yang istimewa pada Xperia S dimana layar ponsel ini dilengkapi teknologi Bravia Engine Mobile yang sebelumnya juga bisa ditemukan pada Xperia Arc dan Ray.
Untuk urusan tampilan, Sony Xperia S dibekali user interface khas Sony. Xperia S menggunakan Timescape Ul yang sudah eksis sejak vendornya masih bernama Sony Ericsson. User interface yang satu ini dikenal dengan widget-nya yang khas dengan nama yang sama. Selain widget timescape, ada pula widget sejenis mediascape untuk foto dan video. Lockscreen Xperia S akan menampilkan notifikasi yang perlu diperhatikan termasuk untuk aplikasi Facebook atau bisa juga digunakan untuk mengontrol pemutar musik saat sedang dijalankan. Mirip dengan LeapView, layar Xperia S juga akan menampilkan semua panel homescreen jika pengguna melakukan pinch zoom saat berada pada homescreen. Sony menyebut tampilan ini overview.

Kamera dan Multimedia

Di sektor ini Sony Xperia S bisa dipastikan sangat unggul, karena dipersenjatai dengan kamera beresolusi tertinggi saat ini, yaitu 12 MP, berukuran maksimal 4000 x 3000 pixels, autofocus, LED flash, fitur Geo-tagging, touch focus, face and smile detection. Kehadiran teknologi sensor Exmor R mampu meningkatkan performa kamera dalam kondisi pencahayaan yang rendah. Disamping itu juga ada fitur Sweep Panorama, Sweep Multi Angle and 3D Sweep Panorama, serta image stabilization.
Beralih ke mode perekam video, resolusi maksimal perekam video FuII HD (1920 x 1080 piksel) @30fps, continuous autofocus, dilengkapi dengan video light dan video stabilizer. Kamera sekunder mampu mengambil video dengan ukuran sebesar 1.3 MP (720p @30fps).

Konektifitas

Pilihan konektifitas Xperia S sangat beragam dan lengkap. Untuk komunikasi suara menggunakan jaringan 2G tersedia pilihan GSM 850/900/1800/1900 MHz. Untuk koneksi data via operator tersedia GPRS dan EDGE, untuk data kecepatan tinggi tersedia HSDPA 850/900/1900/2100 MHz, mendukung teknologi LT26i, HSDPA 14.4 Mbps dan HSUPA 5.8 Mbps. Untuk koneksi data via hotspot, disediakan Wifi 802.11 b/g/n, yang sudah mendukung Wifi Direct, DLNA, dan Wi-Fi hotspot. Untuk bertukar data antar perangkat, tersedia Bluetooth v2.1 with  A2DP, EDR microUSB v2.0. Satu fitur koneksi yang sangat jarang dimiliki perangkat lain, adalah NFC, dimana Sony Xperia S memilikinya. Dengan fitur NFC anda dapat dengan mudah melakukan pertukaran data hanya dengan mendekatkan dua perangkat dengan fitur NFC.

Fitur Lainnya

Menggunakan Quadrant Standard Sony Xperia S mendapat nilai 3199. Sebuah capaian kinerja yang lumayan tinggi untuk sebuah ponsel dual-core. Demikian pula saat menggunakan Antutu Benchmark, Sony Xperia S mampu mencetak poin 6652.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia S

Kelebihan            :
  • Prosesor dual-core 1,5 GHz
  • Kamera 12 MP
  • Layar teknologi Sony Bravia Engine
  • Sensor kamera teknologi Exmor R
  • Koneksi NFC
  • Internal storage 32 GB
  • Port HDMI
Kekurangan        :
  • Tidak ada slot microSD
  • Bahan dari plastik

0 komentar:

Post a Comment